Minggu, 27 April 2008

BLEICT

BLEICT

JARDIKNAS (Jejaring Pendidikan Nasional) adalah program pemerintah untuk menciptakan Sistem pendidikan berbasis IT. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah mencetak calon tenaga IT sekolah dengan menyelenggarakan program Pendidikan Jarak Jauh D3 Teknik Komputer dan Jaringan (PJJ D3-TKJ).

PJJ D3-TKJ merekrut tamatan SMA/SMK se-Bali yang masing-masing kabupaten mendapatkan jatah. Untuk angkatan pertama direkrut 250 orang dari 8 kabupaten dan 1 kodya di Bali, dan sekarang angkatan kedua direkrut sebanyak 150 orang. Sistem pendidikan PJJ D3-TKJ ini menggunakan sistem DO (Drop Out) oleh karena itu menjadi Mahasiswa PJJ D3-TKJ tidak boleh males kalau tidak mau DO.

Dari 150 Mahasiswa angkatan kedua 27 orang dari Kabupaten Buleleng termasuk didalamnya saya. Sudah menginjak semester dua ada dua orang temen dari Buleleng yang DO, mudah-mudahan itu yang terakhir. Perlu juga diketahui masing-masing kabupaten memiliki ICT Center (Information Communications Technology Center) sebagai penanggung jawab di masing-masing kabupaten. Untuk Kabupaten Buleleng ICT Center-nya berlokasi di SMK N 3 Singaraja atau lebih dikenal dengan sebutan STM.

Kami Mahasiswa PJJ D3-TKJ dari ICT Center Kabupaten Buleleng menamakan diri dengan sebutan BLEICT (Buleleng Information Communications Technology). Bisa dibilang BLEICT sangat komunikatif dalam kesehariannya, itu bisa terlihat dari kegiatan keseharianya yang sering belajar bareng di rumah kos-nya Gede Eka Putrayana (salah satu temen Mahasiswa PJJ D3-TKJ yang akrab dipanggil Blongos). Disana kita sering membahas tugas bersama-sama, berbagi ilmu satu dengan yang lainnya karena banyak dari kita yang berlatar belakang dari SMK/SMA non Komputer. Disini saya sangat merasakan pentingnya berkomunikasi dengan temen-temen di Mahasiswa PJJ D3-TKJ dan BLEICT pada khususnya, karena dengan itu saya merasa lebih mudah untuk mengikuti pelajaran di Kampus (PNB) dan lebih mudah mendapat ilmu baru khususnya ilmu komputer yang sangat menarik bagi saya.

Disamping kegiatan tersebut BLEICT juga sering mengisi hari liburnya untuk berekreasi bareng temen-temen, seperti terlihat dalam gambar kita pada waktu itu berekreasi ke Pantai Kuta untuk bermain bola pantai, ke RIMO (pusat penjualan komputer di Bali) bareng, jalan bareng, dll.

Sebagai mahasiswa yang dibiayai oleh pemerintah BLEICT sering membantu pekerjaan Dinas Pendidikan kabupaten Buleleng misalnya input data seperti pada waktu bersosialisasi mengenai DAPODIK (NISN, NIGN, NPSN) kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Buleleng.

Itu sedikit mengenai BLEICT, mudah-mudahan dapat menjadi orang yang sukses membawa Negara kearah kemajuan Teknologi dan berguna bagi Bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai. Terima kasih.

Tidak ada komentar: